Hello Kitty (ハローキティ Harōkiti?) adalah nama untuk sebuah karakter yang
didesain oleh perusahaan Jepang, Sanrio. Hello Kitty yang memiliki nama
lengkap Kitty White adalah personifikasi dari kucing berwarna putih
dengan ciri khas pita atau hiasan lainnya di daun telinga sebelah kiri
dan mulut yang tidak digambar.
Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974.
Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan sekarang merupakan merek dagang di seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.
Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada tahun 1976 dan sekarang merupakan merek dagang di seluruh dunia. Pada waktu pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.
Di Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra.
Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60
negara di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty sudah merupakan
subkultur yang mewakili budaya Jepang.
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu
Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty.
Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975.
Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut
Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi
memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet
Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor
perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual
sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975
belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama
hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya
orang Jepang mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak
bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang diambil
dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri
Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty
White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak
diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian
hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di
kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah
berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku
sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di
sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan
desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih
memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty
selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda
setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan
melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat
dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga
Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya di tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di
UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah
dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama di tahun 1983 (UNICEF
America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun
1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer di akhir tahun 1990-an
berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan
Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot
iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi
Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga
Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan
barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat
Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang
dipersembahkan kepada Hello Kitty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar